Subscribe:

CLOCK

Pages

Manfaat buah semangka

– Semangka merupakan buah yang sangat segar, biasanya semangka akan hadir di setiap bulan puasa untuk berbuka. Umumnya daging buah semangka berwarna merah dan kuning. Sedangkan kulit dari buah ini berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua.
Buah semangka mengandung banyak air sehingga segar untuk hidangan pembuka saat makan. Semangka tidak hanya buah yang populer di musim panas, jus dan kulitnya juga dapat digunakan sebagai obat-obatan. Ben Cao Gang Mu mengatakan bahwa semangka bisa menghilangkan rasa haus dan panas, menyembuhkan tenggorokan kering dan menyakitkan, membantu buang air kecil, juga baik untuk sembelit dan mengatasi kecanduan alkohol.
Semangka mengandung senyawa antioksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E namanya Likopen. Likopen adalah pigmen merah pada tumbuhan, merupakan senyawa fitokimia yang terdapat dalam tomat, semangka dan buah-buahan berwarna merah yang lain. Senyawa ini merupakan golongan karotenoid yang paling umum yang terdapat dalam tubuh manusia. Senyawa ini larut dalam air sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.
Study yang dilakukan All India Institute of Sciences New Delhi menunjukkan fungsi lain pada Likopen yaitu dapat meningkatkan jumlah sperma dan mempercepat gerakannya. Percobaan pada 30 orang pria tidak subur berusia 23-45 tahun yang diberi 20 mg Likopen dua kali sehari selama 3 bulan, menunjukkan peningkatan jumlah sperma, struktur sperma membaik, dan peningkatan pergerakan sperma. Dari 30 responden tersebut, 6 diantaranya berhasil menghamili istrinya.
Selain Likopen terdapat pula zat lain yang disebut Sitrulin. Sitrulin bekerja dengan meningkatkan produksi Nitrit Oxide, yang berperan pada kemampuan ereksi pada pria sehingga dapat memulihkan lemah syahwat (impotensi). Sitrulin mudah diserap tubuh sehingga konsentrasi maksimum di dalam darah lebih mudah dicapai. Dalam proses terjadinya ereksi dipengaruhi oleh otak yang mengirimkan signal kejaringan saraf pada penis mengakibatkan pengeluaran Nitrit Oxide (NO) yang mengaktifasi enzim Guanyl Cyclase (GC) yang mengubah Guanosine Triphospate (GTP) menjadi cyclic Guanosine Monophospate (GMP) yang mengakibatkan ion calsium (Ca2+) dari sel otot memasuki tempat penyimpanan calsium di sel. Hal ini menyebabkan relaksasi otot penis yang memberikan ruangan yang luas pada pembuluh darah vena penis untuk berdilatasi dan terisi oleh darah tanpa ada aliran balik (darah stagnan untuk sementara pada vena penis) sehingga terbentuklah ereksi.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut