Subscribe:

CLOCK

Pages

Manfaat Buah Pir


Buah pir mengandung kadar air yang tinggi, buah yang tergolong ke dalam genus Pyrus ini merupakan sejenis tanaman yang tumbuh di berbagai tempat di dunia, dari daerah pantai hingga daerah beriklim sedang, dari Eropa barat hingga Afrika utara dan Asia.
Buah pir merupakan sumber serat dan vitamin C yang sangat tinggi, hal ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung sistem kekebalan tubuh, khususnya dalam menghadapi kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Kebanyakan kandungan vitamin C dan serat pir terdapat pada kulit buahnya.
Buah PirSelain itu, buah pir juga mengandung kalium, kalsium, gula, serta protein.  Serat yang terkandung dalam buah pir merupakan serat tak larut, hal ini berarti pir memiliki khasiat yang baik sebagai obat laksansia/pencahar. Bagi penderita batuk, buah pir bisa dimanfaatkan untuk mengencerkan serta menghilangkan dahak.
Karena buah pir banyak mengandung air pada dagingnya, maka sangat efektif untuk menambah cairan dalam tubuh. sehingga sangat berguna sebagai penurun demam (mengurangi panas tubuh saat demam). Buah pir juga mengandung provitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata. dan mengandung anti oksidan yang sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Pir juga kaya akan pektin, serat diet yang mudah larut dan di percaya mampu menurunkan kolesterol dan meregulasi gerakan usus besar/mengatasi sulit BAB. Sel-sel batu yang terdapat pada daging buah pir mampu mengurangi polip di usus besar, sehingga mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar.
Buah pir juga dapat mengurangi resiko gangguan organ hati karena buah pir mengandung glutathione yang diperlukan dalam metabolisme hati untuk menghilangkan racun dan juga sebagai anti oksidan utama didalam tubuh. Selain itu dikatakan pula bahwa buah pir bermanfaat mengurangi radang/inflamasi pada membran mukosa, kolitis, kelainan kandung empedu, arthritis, serta gout.
Buah pir dapat membantu masalah konstipasi/ sulit buang air besar, oleh karena itu sebaiknya tidak diberikan ke anak-anak ketika mereka sakit diare.
Sumber bacaan :
http://www.anneahira.com/manfaat-buah-pir.htm
http://www.apoteker.info/Pojok%20Herbal/pear.htm
http://www.mysweetrooms.com/buah-untuk-bayi/manfaat-buah-pir-untuk-bayi.html
Sumber Image :
http://ichamor.blogspot.com/2010/01/manfaat-buah-pir-atau-pear.html

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut